Syarat dan Prosedur Untuk Melangsungkan Pernikahan di KUA memang sepertinya sederhana namun banyak orang yang belum tahu dan juga banyak orang yang cukup kebingungan. Nah saya sendiri yang baru saja melangsungkan pernikahan di bulan lalu akan mencoba memberikan pengalaman untuk syarat-syarat melangsungkan pernikahan di KUA dan juga prosedur melangsungkan pernikahan di KUA. Apa saja syarat dan prosedurnya ? Yuk kita simak saja gimana cara melangsungkan pernikahan di KUA. 

1. Foto Copy KTP serta Kartu Keluarga (KK) untuk para calon cowok dan cewek masing-masing 1 (satu) lembar.
2. Surat pernyataan belum pernah menikah dari 2 calon pengantin bahwa masih gadis/jejaka di atas materai bernilai Rp.6000 serta diketahui RT, RW dan Lurah setempat. Contoh blanko surat pernyataan belum pernah menikah.

3. Surat Pengantar RT – RW setempat.

4. Surat keterangan untuk nikah dari Kelurahan setempat yaitu Model N1, N2, N4, baik calon Suami maupun calon Istri.

5. Pas foto calon pengantin ukuran 2×3 masing-masing 4 (empat) lembar, bagi anggota ABRI/TNI/POLRI harus berpakaian dinas.

6.  Bagi yang berstatus duda/janda harus melampirkan Akta Cerai asli beserta salinan putusan berita acaranya dari Pengadilan Agama, kalau Duda/Janda mati harus ada surat kematian dan surat Model N6 dari Lurah setempat.

7. Harus ada izin/Dispensasi dari Pengadilan Agama bagi :
Calon Penganten Laki-laki yang umurnya kurang dari 19 tahun;
Calon Penganten Perempuan yang umurnya kurang dari 16 tahun; Laki-laki yang mau berpoligami.

8.  Ijin Orang Tua (Model N5) bagi caten yang umurnya kurang dari 21 Tahun baik caten laki-laki/perempuan.

9.  Bagi caten yang akan menikah bukan di wilayahnya (ke Kecamatan lain) harus ada surat Rekomendasi Nikah dari KUA setempat atau sering disebut surat pelolosan.

10. Bagi anggota ABRI/TNI/POLRI dan Sipil ABRI/TNI/POLRI harus ada surat Izin Kawin dari Pejabat Atasan/Komandan.

11. Kedua caten mendaftarkan diri ke KUA tempat akan dilangsungkannya akad nikah sekurang-kurangnya sepuluh hari kerja dari waktu melangsungkan Pernikahan. Apabila kurang dari 10 (sepuluh) hari kerja, harus melampirkan surat Dispensasi Nikah dari Camat setempat.

 Mungkin itu saja yang bisa saya berikan dalam syarat melangsungkan pernikahan di KUA dan juga prosedur melangsungkan pernikahan di KUA. Untuk biayanya sih kalau minta diuruskan oleh Kantor keluarahan dan terima jadi saja, di wilayah Jawa Timur hanya Rp. 100.000 saja. Semoga lancar aja deh bagi yang mau melangsungkan pernikahan :D .

1 komentar:

Obat Kembali Gadis mengatakan...

Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

Posting Komentar